Latest News

20 Tempat Wisata Yang Harus Anda Kunjungi di Semarang



MESKI belum bisa menandingi Jogjakarta, wisata Semarang menyajikan berbagam objek yang menawan. Berikut 20 tempat wisata di Semarang yang paling kami rekomendasikan. Jika anda berkunjung ke Semarang, pastikan anda mampir di sana.

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di Jalan Gajah Raya Semarang, Jawa Tengah, yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 November 2006, kini menjadi kebanggan umat Islam karena keberadaan tempat ibadah yang dibangun di atas lahan 10 hektare itu telah mendunia.
2. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong layak menjadi prioritas para wisatawan yang akan menikmati wisata Semarang. Pasalnya, Klenteng yang terletak di Gedung Batu ini tidak hanya menyuguhkan kisah legendari Laksamana Cheng Ho, tapi keindahan arsitektur Tiong Hoa yang khas.

Sejak pertangahan Juli 2010, Klenteng ini dilengkapi dengan patung Laksamana Cheng Ho setinggi 10 meter. patung yang didatangkan langsung dari China ini ditaksir sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara.

3. Komplek Pecinan

Gang Baru adalah nama yang tidak asing bagi publik dan pelancong. Gang Baru atau komplepks Pecinan menyajikan pemandangan dan suasana khas Tiong Hoa di tengah kota Semarang.

Di sana kita juga bisa jumpai beragam kelnteng. Ada 11 klenteng besar di Semarang, 10 di antaranya terdapat di kawasan pecinan, yaitu Klenteng Siu Hok Bio, Hoo Hok Bio, Kong Tik Soe, Tay Kak Sie, Tong Pek Bio, Liong Hok Bio, Tek Hay Bio, Wie Wie Kiong, See Hoo Kong, dan Klenteng Grajen. Sedang Klenteng Sam Poo Kong berada di Gedung Batu. Masing-masing klenteng itu mempunyai nilai historis tersendiri.

4. Pasar Rakyat Simpang Lima

Salah satu land mark kota Semarang adalah kawasan Simpang Lima.  Lapangan ini memang terletak di jantung kota. Disebut Simpang Lima karena berada di tengah-tengah persimpangan Jl Pandanaran, Jl Gajah Mada, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ahmad Dahlan, dan Jalan Pahlawan.

Berkembangnya fungsi Simpang Lima menjadi alun-alun merupakan saran Presiden pertama Republik Indonesia yang menyarankan pengadaan alun-alun di Semarang sebagai ganti dari Kanjengan. Alun-alun yang dimiliki Semarang sejak masa pemerintahan Adipati Semarang yang pertama itu telah berubah fungsi menjadi pusat perbelanjaan. Karena itu, kawasan ini tetap diamsukan dalam daftar wisata semarang.

5. Jalan Pahlawan

Jalan Pahlawan Semarang adalah salah satu jalan terbesar di Semarang. Jalan ini salah satu penghubung menuju Simpang Lima.

Pada malam hari, jalan ini berubah menjadi jujugan wisata Semarang baru. Tempat yang lapang, terang, dan tersedianya aneka jajan membuat malam di Jalan Pahlawan Semarang selalu ramai. Lebih-lebih di akhir pekan.
Terlebih, sejak awal 2011, Pemkot Semarang mulai menata jalan ini. Trotoar sepanjang lebih dari 500 meter ditata ulang menjadi lebih lapang. Fasilitas tempat sampah pun ditambah.
6. Hutan Tinjomoyo

Hutan Tinjomoyo adalah hutan wisata yang terletak di Kelurahan Tinjomoyo, Semarang. Ratusan pepohonan tumbuh subur di sana. Lebih dari 200 jenis terpelihara. Anda akan mendapati pemandangan alami khas desa jika berkunjung ke hutan seluas 57,5 hektar ini.

Hutan Tinjomoyo memiliki keanekaragaman pepohonan, seperti mahoni, jati, akasia, asem londo, ketepeng, mangga, kelengkeng, matoa, nangka, dan masih banyak lainnya, memang telah beralih fungsi. Jika dulu menjadi destinasi wisata, sekarang fungsinya lebih sebagai paru-paru kota dan daerah resapan air.

7. Kebun Binatang Mangkang

Kebun binatang ini terletak di perbatasan Semarang-Kendal. Tempat yang dibuka pada Februari 2007 ini dibangun untuk menggantikan kebun binatang Tinjomoyo Semarang yang dianggap sudah tak representative lagi.

Lokasi baru ini diharapkan membuat jumlah pengunjung semakin bertambah karena aksesnya lebih mudah dicapai. Sebab, Bonbin ini terletak di pinggir jalan. Kebun Binatang ini, sekarang sudah memiliki sekitar 150 ekor hewan yang terdiri dari 40 jenis spesies. Ada Ular, Rusa, Gajah, Orangutan, Harimau.

8.  Lawang Sewu

Terletak di komplek Tugu Muda, Lawang Sewu dahulu merupakan gedung megah berbaya art deco, yang digunakan Belanda sebagai kantor pusat kereta api  ( trem ), atau lebih dikenal dengan Nederlandsch Indische Spoorweg Maschaappij ( NIS ). Bangunan karya Arsitek Belanda Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B.J Queendag menurut catatan sejarah dibangun tahun 1903, kemudian diresmikan pada tanggal 1 juli 1907.

9. Tugu Muda

Kawasan Tugu Muda dulu hanya bundaran biasa. Tapi cobalah tengok sekarang. Sejak dipugar tahun 2008, Tugu Muda jadi tempat dolan yang amat menyenangkan. Bukan hanya karena taman di sekitarnya kini tampak rapi, semburan air mancur membuat tempat ini amat romantis di malam hari. Apalagi, Tugu Muda kini juga diterangi lampu besar di empat titik yang mengelilinginya.

10. Kota Lama

Kota Lama mungkin akan mengingatkan anda pada adegan ketika Gie (dalam film “Gie”) dan ribuan mahasiswa berdemo menuntut pembubaran PKI. Ya, adegan itu memang dilakukan di Kota Lama Semarang. Tidak hanya “Gie”, film “?” dan “Ayat-ayat Cinta” juga memanfaatkan Kota Lama sebagai tempat syuting.

Kota Lama Semarang memang menyimpan pesona historis yang luar biasa. Ratusan bangunan kuno masih berdiri. Sebagian, seperti Gereja Blenduk dan gedung Jiwa Sraya, masih terawat, sedangkan lainnya lapuk bahkan ambrol.

Jika anda berminat mengkaji arsitekur Belanda, tidak keliru anda menuju Kota Lama. Stasiun Kereta Api Tawang, Gereja Gedangan, Nilmij, Taman Sri Gunting, Marba, Marabunta dan De Spiegel memperlihatkan gaya arsitektur Eropa abada XVII. Sebuah embung yang dikenal penduduk setempat Polder Tawang menunjukan konsep kota pesisir yang tertata.

11. Museum Ronggowarsito
Museum ini terletak di Jalan Abdulrahman Saleh Nomor 1 Semarang, persis di samping Bundaran Kalibanteng. Museum Ronggowarsito mempunyai dua misi, yaitu “Meningkatkan apresiasi budaya dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap budaya”.

Museum ini menyuguhkan bagi Anda koleksi sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, era pembangunan, dan wawasan nusantara.

12. Museum Mandala Bakti

Museum Mandala Bhakti terletak di Jalan Soegijapranto nomor 1, persis berseberangan dengan Tugu Muda. Museum ini mengoleksi benda-benda bersejarah yang ada kaitannya dengan riwayat Kodam Diponengoro (Jawa Tengah & Daerah Istimewa Yogyakarta).

13. Pantai Marina

JIKA Anda berkunjung ke Semarang, pastikan Pantai Marina masuk dalam daftar tempat yang akan anda kunjungi. Anda bisa menikmati semilir angin di sana. Deburan ombak khas pantai utara, siap menyambut anda.

Anda tidak perlu bersusah payah untuk menuju ke sana. Dari kawasan Simpang Lima lurus ke arah barat Anda akan bertemu gapura  kawasan Pekan Raya Promosi dan Pembangunan (PRPP) Provinsi Jawa Tengah.

Kemudian, belok kanan masuk melewati gapura PRPP dan lurus terus ke arah utara, sampai di kawasan PRPP belok kanan dan kemudian belok kiri lurus terus sampai di pintu masuk obyek wisata Pantai Marina.

14. Bukit Gombel

Taman Tabanas yang lebih akrab disebut Gombel memberi kesempatan pada Anda menikmati view Semarang. Berkunjunglah pada malam hari, maka anda bisa menikmati pemandangan kota yang gemerlap. Dari sana

Anda bisa menikmati pemandangan Kota Semarang, dari Jatingaleh sampai Tanjung Emas. Lampu jalanan terlihat mengular, lampu kendaraan berjalan pelan seperti menyemut.
Karena terletak di kawasan atas, Taman Tabanas Gombel terasa lebih sejuk. Tidak heran jika pada malam hari tempat ini banyak digunakan pasangan muda atau keluarga bersantai ria.


15. Gue Kreo
Goa Kreo adalah sebuah goa yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Mesjid Agung Demak . Ketika itu menurut legenda Sunan Kalijaga bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian disuruh menjaga kayu jati tersebut. Kata “Kreo” berasal dari kata Mangreho yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata inilah yang kemudian menjadikan goa ini disebut Goa Kreo dan sejak itu kawanan kera yang menghuni kawasan ini dianggap sebagai penunggu.

16. Masjid Menara (Layur)

Masjid Menara Semarang bukan tempat ibadah semata. Bangunan itu juga mewartakan sejarah dan cara manusia memperlakukan manusia. Maka, melalui tanda-tanda semiotis yang melekat padanya, masjid mengisahkan perjalanan manusia dan pemikirannya.

Dilihat dari gaya arsitekturnya, Masjid Menara merupakan percampuran dari tiga budaya yakni, Jawa, Melayu, dan Arab. Sejak dibangun pada 1802, bangunan Masjid Menara Layur diyakini tidak mengalami banyak perubahan.

17. Wonderia

Wonderia merupakan arena rekreasi keluarga Semarang. Dalam pengelolaan PT Semarang Arsana Rekreasi Trusta, Taman Rekreasi Wonderia ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Dr H Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 Agustus 2007.


18. Pagoda dan Vihara Watugong

Wsiata Semarang juga menyuguhkan wisata religi. Buktikan di Pagoda Watugong. Bangunan indah ini terdiri atas tujuh tingkat. Tiap tingkat memiliki 4 buah patung Dewi Kwan Im yang menghadap keempat penjuru. Pembangunanya dilatarbelakangi oleh kebutuhan umat Budha akan tempat ibadah yang lebih layak dan nyaman. Yang sebelumnya ditempat ini hanya ada vihara kecil yang sudah berdiri sejak 1957. Kemudian pada tahun 2005 dibangunlah Pagoda Avalokitesvara yang rencana pembangunanya hanya membutuhkan waktu 8 bulan tetapi karena menunggu barang-barang dan patung dari Cina penyelesaiannya mundur menjadi 10 bulan.

19, Water Blaset Bukit Candi Golf

Water Blaster Semarang Graha Candi Golf adalah wahana permainan air pertama di Semarang. Wahana permainan yang lengkap membuat objek wisata ini langsung menjadi andalan rekreasi keluarga warga Semarang.

Setidaknya ada delapan unit wahana air yang ada di water blaster semarang ini. Semua itu dilengkapi sarana penunjang yang aman, termasuk ruang pertemuan berbentuk kapal pesiar yang bisa digunakan untuk rapat hingga kapasitas 150 orang. Semua itu patut anda pertimbangkan jika berencana menikmati wisata Semarang.

20. Stasiun Tawang

Stasiun Tawang  adalah satu di antara dua stasiun kereta yang berada di Semarang. Stasiun ini mengangkut penumpang yang akan naik kereta bisnis dan eksekutif. Stasiun Tawang berada di bagian utara Kota Lama, tepatnya di jalan Taman Tawang nomor 1, Semarang, Telepon: (024)3544544.

Dulu Stasiun Tawang dibangun untuk menggantikan fungsi Stasiun Tambaksari di Pengapon yang dinilai tidak dapat memenuhi kebutuhan jumlah pengguna. Itu lantara pada 1870 jalur kereta Semarang-Solo-Yogyakarta selesai dibangun sehingga jumlah penumpang semakin banyak

28 komentar:

  1. Saya baru tau dari blog ini ternyata banyak juga tempat wisata menarik di semarang ya. Tapi Kalo di bandung kayanya lebih banyak lagi tuh, sekalian berbagi info ya di Bandung ada trans studio yang merupakan wahan terbesar di asia

    itu hanya sebagian kecil dari wisata bandung, masih buuuanyak sekali tujuan wisata keren di Bandung, apalagi sekarang makin banyak aja jasa wisata di bandung yang menawarkan paket wisata bandung murah
    kalo ga percaya coba aaja cari di google
    ketikan aja

    Bandung City Tour murah
    nah langsung google akan memberikan data tentang paket wisata murah bandung, sekarang saatnya agan memilih paket wisata yg mana yg paling cocok
    namun sran saya pilihlah perusahaan jasa wisata di Bandung yang terpercaya, jangan asala asalan utk menghindari hal2 yg tidak diinginkan
    Perusahaan yg baik ya pastinya harus ada kantor yg jelas, tlp fix line dll salah satu contohnya seratour dll

    Tujuan wisata yg saat ini lagi tren di Bandung ya pasti Tangkuban perahu. Ya sangat masuk akal kenapa gunung ini jadi tujuan wisata andalan
    bayangin aja ini kita wisata ke sebuah gunung api yg masih aktif dan tiap saat bisa aja meledak
    tapi anehnya makin gunung ini m\aktif maka mkin banyak pula yg pengen datang melihat, heran juga ya

    emang sih hanya gunung tangkuban perahu saja yang bisa kita masukin hingga kedasar kawahnya dengan aman. Kita bisa melihat air kawah gunung yg mendidih dan kita bisa merebus telur hingga matang disini
    kebayang donkkkkk kaya apa didasar kawah. Pengalaman luar biasa yg tidak semua orang bisa mengalaminya seumur hidupnya
    ya wajar aja jd primadona

    selain itu masih banyak sekali obyek wisata lainya yg emang sangat pantas dikunjungi, disini bisa wisata kuliner, fashion, budaya dll
    Disini banyak sekali factory outlet yg jualan baju ber merk internasional dgn harga lokal

    kiranya cukup sekian komen saya, salam kenal baut mimin blog juga buat semua kawan dari seluruh nusantara
    Masukan buat pemilik blog coba biki artikel mengenai wisata bandung, liat berapa ribu pencarian google tentang wisata bandung dan kalo bisa bikin artikel yang bagus dan menarik saya jamin bisa meningkatkan trafik blog dua kali lipat bahkan lebih

    Salam wisata dari Bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya males ke Bandung karena maceeet..
      Akhirnya, blkgn jarang kepengen ke Bandung.

      Kalau Semarang lbh tenang, lagipula ini baru t4 wisata di kota Semarang belum ke kabupatennya

      Hapus
    2. Hahahahaha....... Banyak amat komentarnya Pak. Tapi Mantap lah mempromosikan daerahnya.

      Bandung emang ok kok Pak, gak bosen ngubek2 kota yang mendapatkan julukan Paris Van Jawa tersebut.

      Sukses dan sehat selalu untuk semuanya. :D

      Hapus
  2. Kalau bicara tentang wisata kota tentu tiap kota mempunyai ciri khas masing2. Sebagai warga Bandung yg kebetulan baru kembali dari Semarang, saya sangat kaget melihat perkembangan kota Semarang dlm 10 tahun terakhir, Semarang tumbuh jd kota yg sangat tertata rapih, bersih dr sampah dan PKL, jalananpun kualitasnya Jauh lbh baik dibanding Bandung. Kesan saya begitu masuk kota ini "Wahhh". Bisa jd saya akan lbh betah tinggal di kota ini drpd di Bandung.
    Menilai soal Bandung memang wisata di kota ini lbh banyak dibanding dgn Semarang, mungkin krn masyarakat Bandung lebih modern dan kreatif dibandingkan dgn pemerintah kotanya. Saya jd berpikir Selama 10thn terakhir betapa hancurnya Bandung setelah dipimpin oleh walikota yg baru saja lengser.Perkembangan kotanya mundur, konsep tata ruangnya tdk jelas, pertumbuhan jalananpun tdk ada. Dimana hak2 sbg warga negara tdk akan didapat sebaik di Semarang. Untung saja masyarakatnya kreatif..itu sangat menolong image kota. Untuk apresiasi & kreasi seni mungkin kota lain dpt mencontoh dr Bandung, tp sebailknya utk kepengurusan dan pembangunan kota, Bandung hrs mencontoh dr Semarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel yang sangat berguna yang dibahas dalam situs ini ... tentu akan sangat membantu bagi pembaca yang membutuhkan referensi.

      Hapus
  3. ternyata banyak juga pilihan wisata di Semarang jadi penasaran kepengen mencoba salah satu wisata di atas. Terimakasih informasinya
    salam by Didah admin Kawah Putih

    BalasHapus
  4. pengen beli lumpia ma bandeng


    BalasHapus
  5. informasi wisata semarangnya lengkap yah gan :)

    mampir juga gan di halaman saya tentang objek wisata Tana Toraja, Sulawesi Selatan

    http://jelajahtoraja.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Guo Kreo bos buka Gue Kreo
    RALAT

    BalasHapus
  7. Sewa mobil semarang
    Harga mulai 225.000,
    Kontak hp 085853337603
    Pin bb 7d477d60

    BalasHapus
  8. Sewa mobil semarang
    Tersedia berbagau jenis mobil
    Harga mulai 225.000,
    Kontak hp: 085853337603
    Pin bb : 7d477d60

    BalasHapus
  9. ANDA PUTUS SEKOLAH / KULIAH ?!
    MEMBUTUHKAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH ?!
    INGIN MERUBAH MASA DEPAN MENJADI JAUH LEBIH BAIK ?!
    ATAU ANDA MEMBUTUHKAN DOKUMEN PENTING LAIN ?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP UNTUK MELAYANI DAN MEMBANTU KESULITAN ANDA UNTUK MEMENUHI DOKUMEN DOKUMEN PENTING YANG ANDA BUTUHKAN.

    PELAYANAN KAMI PROFESIONAL KARENA KAMI AKAN MEMBERIKAN BUKTI, BUKAN SEKEDAR JANJI.
    DOKUMEN YANG KAMI SEDIAKAN AMAN - TERDAFTAR DAN TIDAK AKAN ADA MASALAH DIKEMUDIAN HARI KARENA UNTUK KEAMANAN LEGALITAS KAMI BERANI MENJAMIN.
    RAHASIA IDENTITAS PEMESAN AKAN KAMI PASTIKAN AMAN DAN TERJAGA .
    AMAN UNTUK MELANJUTKAN JENJANG PENDIDIKAN.
    AMAN UNTUK MELAMAR KERJA.
    AMAN UNTUK TEST CPNS.
    AMAN UNTUK MASUK TNI / POLRI


    . DAFTAR HARGA IJAZAH SEKOLAH / UNIVERSITAS :

    IJAZAH SD : 4.000.000
    IJAZAH SLTP : 4.000.000
    IJAZAH SMU : 4.000.000
    IJAZAH D3 : 6.000.000
    IJAZAH S1 : 8.000.000
    IJAZAH S2 : 16.000.000




    UNTUK INFORMASI LEBIH JELAS SILAHKAN ANDA KIRIM PERTANYAAN MELALUI EMAIL : 085736927001.ku@gmail.com .
    ATAU SMS KE : 085736927001.

    KAMI AKAN BERUSAHA MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI KARENA KEPERCAYAAN YANG ANDA BERI AKAN MEMBANGUN KINERJA TERBAIK KAMI.


    www.pembuatanijazah.blogspot.com


    www.jasapembuatanijazahpalsu.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Like this...masih lama buat jelajah kesitu...

    BalasHapus
  11. Wah trims bgt infonya, saya dan keluarga mau backpack kesemarang, kira2enaknya gimana yaa rute ygpalingefektif trims

    BalasHapus
  12. Tempat Wisata Diatas sangat menabjukkan. Banyak sekali tempat - tempat

    wisata di indonesia, mulai dari pantai seperti pantai kuta dan

    sanur di bali sampai pegunungan seperti gunung perahu dan

    wisata mahameru. kita sebagai warga negara indonesia

    wajib untuk melestarikannya.

    BalasHapus
  13. Sip.....trims kasih infonya super lengkap, beberapa kali aku ke Semarang tp belum sempat mengunjungi semua tempat tempat wisata find sana

    BalasHapus
  14. wahh kerennn jangan sampe ngga kesitu

    BalasHapus
  15. Info yang membantu, salam pariwisata dari kota apel jawa timur.

    BalasHapus
  16. Thanks gan buat infonya , ini nih kalo mau tau rekomendasi wisata lainnya , kunjungi www.majalahsemarang.com

    BalasHapus
  17. INGIN WISATA MURAH MALANG BATU BROMO ? KLIK DISINI
    Tempat Wisata di Malang

    BalasHapus
  18. thans buat infonya , mau tau rekomendasi tempat wisata di Semarang lainnya , lihat di www.majalahsemarang.com

    BalasHapus
  19. Ada yg tau ga kp.bedug blkang smrang tawang..

    BalasHapus
  20. bukit gombel nih yang menjadi tempat romantis di semarang.. hehehe
    makasih banyak informasinya

    BalasHapus
  21. Semarang memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Tengah bahkan mancanegara. Setidaknya ada 55 Tempat Wisata di Semarang dan Sekitar yang sangat indah dan instagramable untuk dikunjungi.

    BalasHapus

Wonderia Semarang Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.